Tips Memelihara Rantai dan Gir Set Sepeda Motor

Rantai 1

Salah satu komponen sepeda motor yang kerap disepelekan pemotor adalah rantai. Padahal rantai motor memiliki peranan yang sangat penting, jadi tidak bisa diremehkan begitu saja. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang, sering-seringlah lebih memperhatikan rantai dan gir set sepeda motor Anda.

Rantai 2

Tapi pada dasarnya, rantai bawaan pabrik sudah menggunakan teknologi O-ring yang tidak lagi diberi pelumas tambahan. Karena rantai motor jenis ini telah memiliki pelumas khusus di dalamnya. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap diperlukan perawatan dengan pelumas khusus rantai (chain lube) untuk memperpanjang usia pakainya.
Dalam merawat rantai, tidak dianjurkan untuk memakai oli bekas atau bensin untuk membersihkan, karena ini justru malah membuat umur pakai rantai menjadi pendek. Melumasi rantai dengan oli bekas justru akan mengikat kotoran yang ada diluar.

Rantai 3

Sebab pada umumnya rantai tidak diberi penutup sehingga langsung berhubungan dengan luar, akibatnya kotoran mudah menempel. Terlebih oli bekas yang dipakai melumasi sudah terkontaminasi kotoran mesin.

Rantai 4

Idealnya rantai motor dilumasi cairan chain lube minimal 2 kali dalam seminggu dan disarankan mengencangkan rantai sebulan sekali. Bagi pemakai motor sport, disarankan menggunakan rantai berkualitas dengan spesifikasi ringan dan tidak memerlukan perawatan yang ribet.
Bagi motor yang dimodifikasi, perlu penyesuaian antara ukuran gir dan rantai. Jangan sampai motor modifikasi dengan putaran cepat menggunakan gir set standar. Tak lupa perhatikan gir depan. Kebanyakan pemotor hanya memperhatikan gir belakang. Bukalah tutup gir depan, sering-seringlah dilihat dan dibersihkan.

Rantai-5.jpg

Idealnya pergantian gir set dilakukan jika pemakaian sudah mencapai 40.000 km. Tidak masalah mengikuti trend menggunakan gir set warna-warni, karena itu hanya masalah selera tidak mempengaruhi cara perawatan dan performa.

Rantai-6.jpg

Jika terpaksa melakukan pemotongan mata rantai, perhatikan juga usia pakainya. Kalau masa pakai masih 3 bulan, tak masalah rantai dipotong. Biasanya mekanik berpengalaman tahu berapa lama umur pakai rantai. Namun jika ragu dan lebih safety, ada baiknya mengganti dengan yang baru. Tetapi untuk rantai motor Kawasaki Ninja, tidak direkomendasikan rantai dipotong jika sudah kendor.
Terakhir, sangat dianjurkan untuk membeli gir set yang berkualitas demi kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara.

Tentang kncbekasi

Lokasi KopDar : Trotoar Tugu Bunderan Utama Perumahan Harapan Indah,Bekasi ( Dekat Billboard Mc Donald) tiap malam minggu mulai jam 20.00 WIB- Selesai Contact Person : -Benk : Tlp : 081311441600 Pin BB : 274FE70D Facebook : facebook.com/GetThePride Twitter : @benk_knc @knc_bekasi Website : http://www.kncbekasi.wordpress.com http://www.kncbekasi.blogspot.com http://kawasakininjaclub.web.id/index.php/regional-knc/knc-bekasi
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan Umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s