Proses Dasar Membuat Ring Piston

Ring piston diciptakan oleh John Ramsbottom pada Institution of Mechanical Engineers pada 1854. yang pada awalnya digunakan dalam mesin uap.Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping. Tidak banyak yang tau cara proses pembuatan ring piston seperti apa…. Termaksud para mekanik yang setiap hari bergelut dengan benda yang satu ini…..
Butuh waktu lama IBLJ mencari sumber refrensi bahasan ayang sekiranya dapat di bahas secara gambalang tentang cara pembuatan ring piston ini namun tidak menemukan jawaban yang memuaskan…kebanyakan dari bahasan hanya membahasnya sepenggal-sepenggal proses pembuatan…sampai terakhir IBLJ menemukan gambar pembuatan ring piston yang sekiranya dapat sedikit membuka pengetahuan kita seputar cara pembuatannya….Berikut adalah material-material yang biasa di gunakan pada ring piston
Cast iron
Cast iron alloyed for piston rings
Nodular cast iron alloyed for piston rings
Bronze
Aluminum Bronze
Phosphor Bronze
Steel
Stainless Steels for use in high temperatures
Bentuk awal bahan dasar dari ring piston itu sendiri adalah bahan baja coran berbentuk bulat panjang padat…

Bahan dasar ring piston yang terpasang pada mesin bubut

   Sebelum di potong-potong menjadi ring…terlebih dahulu di ratakan bagian permukaanya sekaligus menentukan ukuran diameter yang di tentukan Dengan menggunakan mesin Bubut perhatikan gambar di bawah…

kemudian melubangi bagian tengah seperti halnya membuat pipa dari bahan tersebut ….Hingga menyisakan ketebalan lingkaran yang di inginkan…setelah itu langsung di potong-potong sesuai dengan ukuran…

Pada saat pemotongan ring piston….mesin bubut menggunakan mata bubut yang berbeda…..Wew seru juga liatnya…Ga selesai sampai disitu ring piston yang habis di potong-potong tersebut kemudian harus di potong lagi agar terputus dari lingkaranya…dengan menggunakan penjepit Ragum dan kayu/papan sebagai media bantalannya….cekidot gambar di bawah

Ring piston yang di potong

Proses pembuatan ring piston ini hanyalah proses dasar yang belum di jelaskan seara ditail langkah-langkah selanjutnya ……ulasan ini lebih ke hal pengetahuan awal bagi kita yang awam tentang proses pembuatan ring piston…dan jika di lihat dari awal proses pembuatan ring piston yang IBLJ ulas kali ini bukan merupakan proses pabrikan…melainkan proses secara hand made/Custome (bikin sendir)…dan sekitar 60 tahun yang lalu Soiciro Honda (pembuat mesin honda) telah memulai awal usahanya dengan membuat ring piston….itu 60 tahun yang lalau lo….masa kita kalah dengan alat-alat yang serba modern seperi saat ini untuk mencobanya sendiri….

Tentang kncbekasi

Lokasi KopDar : Trotoar Tugu Bunderan Utama Perumahan Harapan Indah,Bekasi ( Dekat Billboard Mc Donald) tiap malam minggu mulai jam 20.00 WIB- Selesai Contact Person : -Benk : Tlp : 081311441600 Pin BB : 274FE70D Facebook : facebook.com/GetThePride Twitter : @benk_knc @knc_bekasi Website : http://www.kncbekasi.wordpress.com http://www.kncbekasi.blogspot.com http://kawasakininjaclub.web.id/index.php/regional-knc/knc-bekasi
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan Umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s