Sirkuit Sentul…..The Pride of Indonesian International Circuit

Sirkuit Internasional Sentul adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di desa Sentul, kecamatan Babakan Madangkabupaten BogorJawa BaratIndonesia. Sirkuit ini sering digunakan untuk menyelenggarakan balap motor serta ajang Asian F3 dan tercatat pernah menjadi penyelenggara MotoGP hingga akhir tahun 1997.

Sentul Circuit
Lokasi Babakan Madang – BogorJawa BaratIndonesia
Ajang besar A1GPAsian F3
Panjang 4,12 km (2,56 mi)
Tikungan 11
Rekor putaran 1’19,029 ( Irlandia Ralph Firman,Republik Irlandia, 2006)

Sejarah

Usaha dalam membangun sirkuit Formula Satu kedua di Asia setelah Jepang adalah di Indonesia, sekitar lima belas tahun yang lalu ketikaHutomo Mandala Putra – putra presiden Republik Indonesia kala itu H.M. Soeharto – mempelopori pembangunan sebuah sirkuit di Sentul.

Dengan panjang 4,12 kilometer, Sirkuit International Sentul diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyelenggara Formula Satu, hingga akhirnya pada tahun 1997, krisis moneter di Asia menyebabkan hal tersebut menjadi tidak mungkin dilaksanakan. Rampung pada tahun 1994, fasilitas yang ada kini telah sedikit tertinggal oleh perkembangan zaman, hingga menyebabkan ia tidak cocok untuk menyelenggarakan ajang yang super cepat sekelas Formula Satu.

Namun, sirkuit ini tetap cocok bagi pembalap untuk berkompetisi di ajang Asian Formula 3 Super Series. Setelah diadakan beberapa perbaikan di beberapa bagian sirkuit untuk mencapai standar yang ditetapkan FIA untuk menyelenggarakan balapan seperti A1 Grand Prix, yaitu tingkat 2 (tingkat 1 adalah standar untuk menyelenggarakan balapan sekelas F1) maka sirkuit sentul akhirnya dapat menyelenggarakan A1 Grand Prix selama dua musim (2005-06 dan 2006-07).

Data sirkuit

Sirkuit Sentul dari atas

Sirkuit Sentul 1994

  • Panjang lintasan: 4,12 km (2,56 mil)
  • Lebar lintasan: 15 m
  • Lintasan lurus terpanjang: 900 m
  • Lisensi sirkuit FIA tingkat 2.
  • 50 garasi pit
  • 2 tribun duduk tertutup

Fasilitas

  • Lintasan Grand Prix (ilustrasi kanan atas)
  • Motocross, Autocross dan Sirkuit Go-Kart (ilustrasi kanan atas)
  • Hotel internasional bintang tiga
  • Bungalow
  • Lapangan golf internasional
  • Restoran
  • Pusat rekreasi
Paddock Scrutineering Grha Istirahat Pembalap Grha Perlengkapan
S P B U Landasan Helikopter P M K Pusat Kesehatan
Menara Kontrol Room Media & Press Center Lahan Parkir VIP Main Stand
Sub Stand Victory Tower Gerbang Utama Gerbang Samping
Lahan Parkir Water Storage Pos Penjagaan Sungai Cigede
Pembangkit Listrik Hospitality Suites Cottage

Sirkuit Sentul menyelenggarakan A1 Grand Prix pada bulan Februari 2006.

A1 Grand Prix

Musim Pemenang Sprint Race Pemenang Feature Race
2005-2006 Bendera Perancis Nicolas Lapierre Bendera Kanada Sean McIntosh
2006-2007 Bendera Australia Jonny Reid Bendera Australia Jonny Reid

Sirkuit Internasional Sentul pernah menyelenggarakan MotoGP di Tahun 1996 dan 1997.

Indonesia MotoGP

Musim Pemenang 500cc Pemenang 250cc Pemenang 125cc
1996 Bendera Australia Mick Doohan Bendera Jepang Tetsuya Harada Bendera Jepang Masaki Tokudome
1997 Bendera Jepang Tadayuki Okada Bendera Italia Max Biaggi Bendera Italia Valentino Rossi

Sentul Gokart Track Review

START/FINISH STRAIGHT; straight ini mungkin hanya berjarak sekitar 150 meter, jika berhasil keluar dari turn 14 dengan cepat maka masih bisa menyentuh gir 4 sebentar sebelum engine brake menuju turn 1.

TURN 1 ; Engine brake ke gir 3 sambil rebah ke kanan, hati2 jangan sampai bablas ke rumput.

TURN 2 & TURN 3 ; Downshift ke gir 2 sebelum masuk turn 2, rebah ke kiri dan jangan terlalu cepat, keluar turn 2 dan buka gas sebentar, masuk turn 3 dengan gir dan cara yang sama. Saya biasa menganggap dua tikungan ini sebagai sebuah tikungan dengan dua Apex (Titik fokus), sehingga posisi badan tetap berada offset kekiri dari mulai keluar turn 2 sampai masuk turn 3.

TURN 4 ; Biasa masuk tikungan kekanan ini dengan gir 3 karena lebih cepat dari dua turn sebelumnya, hati2 karena ada permukaan yang tidak rata disekitar Apex tikungan ini. Keluar tikungan ini dengan gir 3, buka gas penuh tanpa naik gigi sebelum masuk turn 5.

TURN 5 ; Tutup gas pada gir 3 sesaat sebelum masuk tikungan ini dan biarkan engine brake mengendalikan bagian belakang motor disepanjang tikungan, lalu buka gas kembali saat keluar.

TURN 6 ; Rem dan engine brake ke gir 2 lalu rebah ke kanan. Biasa saya lakukan “late Apex” agar motor tetap pada lintasan dan tidak keluar dari aspal, karena tikungan ini cukup “patah”

TURN 7 ; Tikungan favorit saya. Tikungan ke kiri ini cukup panjang dan saya biasa melakukan upshifting ke gir 3 di tengah tikungan. Ini alasan saya merubah arah perpindahan gigi, karena dengan perpindahan normal sepatu sering ikut bergesek dengan permukaan aspal.

TURN 8 ; Tutup gas pada gir 3, rebah ke kiri, kemudian buka gas kembali saat keluar tikungan.

TURN 9 & TURN 10 ; Dua tikungan ini cukup lambat. Masuk turn 9 dengan gir 2, sampai dengan keluar dari turn 10. Buka gas seawal mungkin saat keluar tikungan karena menuju ke bagian cepat dari sirkuit ini.

TURN 11 ; Gas penuh selama melewati tikungan ini, malah saya tidak menganggap ini sebagai sebuah tikungan. Dengan NSR 150 biasanya saya merasakan ban belakang agak membuang – buang. Torsi NSR lumayan dahsyat bro..

TURN 12 ; Engine brake ke gir 2 dan kemudian masuk ke tikungan paling lambat ini. Banyak rider yang out di tikungan ini, bahkan rider road race sekalipun. Boleh dibilang yang tersulit di sirkuit ini.

TURN 13 ; Lumayan mudah dan dilalui dengan gir 2.

TURN 14 ; Tikungan yang menentukan karena kemudian disusul oleh Start/Finish Straight. Masuk dengan gir 2, rebah ke kanan, kemudian usahakan keluar tikungan dengan bukaan gas yang seawal mungkin. Jika keluar dengan lambat maka tidak akan sempat mencapai gir 4 di ujung straight.

Tentang kncbekasi

Lokasi KopDar : Trotoar Tugu Bunderan Utama Perumahan Harapan Indah,Bekasi ( Dekat Billboard Mc Donald) tiap malam minggu mulai jam 20.00 WIB- Selesai Contact Person : -Benk : Tlp : 081311441600 Pin BB : 274FE70D Facebook : facebook.com/GetThePride Twitter : @benk_knc @knc_bekasi Website : http://www.kncbekasi.wordpress.com http://www.kncbekasi.blogspot.com http://kawasakininjaclub.web.id/index.php/regional-knc/knc-bekasi
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s